Admin Fateta

Admin Fateta

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
27 November 2019

Sehubungan akan dilaksanakannya Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil TA 2019/2020 dari tanggal 9 s/d 20 Desember 2019 di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, bersama ini kami informasikan Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil TA 2019/2020. Jadwal Ujian dapat diunduh <<< DISINI >>>.

27 November 2019

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas hal-hal sebagai berikut :

19 November 2019

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang sudah tidak asing lagi untuk pecinta jamur. Jamur tiram selama ini dikonsumsi dalam bentuk segar.

Kawasan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, merupakan salah satu daerah yang membudidayakan jamur tiram. Di daerah yang tidak  begitu jauh dari kampus Universitas Andalas (Unand) tersebut, terdapat kelompok pembudidayaan jamur tiram bernama Limau Manis Sejahtera.

Tim pengabdian Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Teknologi Pertanian, Unand membantu para petani jamur tiram untuk mengolah jamur tiram menjadi produk yang memiliki umur simpan yang panjang, beberapa waktu lalu.

Anggota tim pengabdian TIP Unand  Vioni Derosya mengatakan, tujuan untuk melakukan pengolahan ini adalah untuk mengatasi panen yang berlimpah.

15 November 2019

Oleh: Wenny S. Murtius dan Vioni Derosya

Tak heran jika Praja Muda Karana alias Pramuka mengambil kelapa sebagai lambangnya. Kelapa memiliki banyak manfaat dan produk turunannya sebagaimana dapat dilihat pada pohon industri kelapa. Virgin coconut oil atau VCO merupakan salah satu produk olahan kelapa yang diproduksi dan dapat ditemui secara lokal dari Kelompok Wanita Tani Bengke Sakato.

UP3HP Kelompok Wanita Tani Bengke Sakato hendak melebarkan sayap produk di industri rumahan mereka yang berbasis kelapa. Berlokasi di Jorong Bengke, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, KWT Bengke Sakato selama ini telah memproduksi produk VCO, minyak tanak serta berbagai produk makanan seperti rakik kacang dan lainnya. Untuk itu, melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya, Ibu Neswati M.Si dan Ibu Wenny Surya Murtius MP dari jurusan termuda di Fateta Unand, Teknologi Industri Pertanian (TIP), kembali ke KWT ini untuk memberikan pelatihan pengembangan produk sabun berbasis minyak kelapa dan pendampingan BPOM pada sabtu 9 November yang lalu.

Didatangi Tim pengabdian, dosen Fateta lainnya serta mahasiswa TIP, anggota kelompok ini terlihat sangat antusias dan bersemangat baik saat mendengarkan materi maupun mencoba langsung praktik pembuatan sabun. Mereka pun berkreasi dengan menambahkan ekstrak pandan ke dalam sabun saat praktik berlangsung. Diharapkan nantinya produk sabun berbasis minyak kelapa dapat memiliki izin dan sertifikat BPOM untuk dipasarkan lebih luas. Hasilnya, nilai tambah kelapa pun dapat dinikmati oleh KWT Bengke Sakato ini.