19 November 2019

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang sudah tidak asing lagi untuk pecinta jamur. Jamur tiram selama ini dikonsumsi dalam bentuk segar.

Kawasan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, merupakan salah satu daerah yang membudidayakan jamur tiram. Di daerah yang tidak  begitu jauh dari kampus Universitas Andalas (Unand) tersebut, terdapat kelompok pembudidayaan jamur tiram bernama Limau Manis Sejahtera.

Tim pengabdian Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Teknologi Pertanian, Unand membantu para petani jamur tiram untuk mengolah jamur tiram menjadi produk yang memiliki umur simpan yang panjang, beberapa waktu lalu.

Anggota tim pengabdian TIP Unand  Vioni Derosya mengatakan, tujuan untuk melakukan pengolahan ini adalah untuk mengatasi panen yang berlimpah.

15 November 2019

Oleh: Wenny S. Murtius dan Vioni Derosya

Tak heran jika Praja Muda Karana alias Pramuka mengambil kelapa sebagai lambangnya. Kelapa memiliki banyak manfaat dan produk turunannya sebagaimana dapat dilihat pada pohon industri kelapa. Virgin coconut oil atau VCO merupakan salah satu produk olahan kelapa yang diproduksi dan dapat ditemui secara lokal dari Kelompok Wanita Tani Bengke Sakato.

UP3HP Kelompok Wanita Tani Bengke Sakato hendak melebarkan sayap produk di industri rumahan mereka yang berbasis kelapa. Berlokasi di Jorong Bengke, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, KWT Bengke Sakato selama ini telah memproduksi produk VCO, minyak tanak serta berbagai produk makanan seperti rakik kacang dan lainnya. Untuk itu, melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya, Ibu Neswati M.Si dan Ibu Wenny Surya Murtius MP dari jurusan termuda di Fateta Unand, Teknologi Industri Pertanian (TIP), kembali ke KWT ini untuk memberikan pelatihan pengembangan produk sabun berbasis minyak kelapa dan pendampingan BPOM pada sabtu 9 November yang lalu.

Didatangi Tim pengabdian, dosen Fateta lainnya serta mahasiswa TIP, anggota kelompok ini terlihat sangat antusias dan bersemangat baik saat mendengarkan materi maupun mencoba langsung praktik pembuatan sabun. Mereka pun berkreasi dengan menambahkan ekstrak pandan ke dalam sabun saat praktik berlangsung. Diharapkan nantinya produk sabun berbasis minyak kelapa dapat memiliki izin dan sertifikat BPOM untuk dipasarkan lebih luas. Hasilnya, nilai tambah kelapa pun dapat dinikmati oleh KWT Bengke Sakato ini.

07 November 2019

Oleh: Vioni Derosya, S.TP, M.Sc

Didasari dengan konsep pemberian nilai tambah dan inovasi bagi bahan lokal seperti gambir dan durian, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (TIP Fateta Unand) melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Badan Usaha Milik Nagari Baltim Sepakat milik Nagari Baruang-baruang Balantai Timur, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan menggunakan skema IbPSNB (Iptek bagi Masyarakat Program Studi berbasis Nagari Binaan) yang didanai oleh DIPA BUPTN 2019 pada hari Sabtu dan Minggu (2 dan 3 November 2019) yang lalu.

Adapun gambir dan durian merupakan komoditas lokal unggulan daerah Nagari Baruang-baruang Balantai Timur ini. Namun, harga gambir saat ini tidak menggembirakan. Untuk itu diperlukan inovasi teknologi untuk menghasilkan produk berbahan gambir seperti teh. Selain itu dengan berkembangnya industri pariwisata di daerah Pesisir Selatan juga membuka potensi produksi dan pemasaran produk oleh-oleh berbahan lokal seperti gambir dan durian. Untuk itu, pada hari pertama tanggal 2 Novemer 2019, materi pengolahan teh gambir diberikan oleh Bapak Prof Anwar Kasim yang juga penulis Proses Produksi dan Industri Hilir Gambir beserta tim terkait manfaat, cara pengolahan, pengemasan dan pemasaran.

Selain gambir, daerah Nagari Baruang-baruang Balantai Timur ini sangat terkenal sebagai penghasil king of fruit alias durian nan kamek sejak lama. Nilai tambah dan inovasi juga tak luput diberikan kepada buah favorit sejuta umat ini untuk diolah menjadi dodol durian. Hari kedua, 3 November 2019, dilaksanakan pemberian motivasi usaha, cara pengolahan dan pengemasan serta teknik pemasaran produk untuk dodol durian oleh dosen Jurusan TIP yaitu Bapak Dr. Gunarif Taib, yang juga pembina grup bisnis mahasiswa TIP Teenage Innovative Product serta Ibu Wenny Surya Murtius, yang juga tim pembinaan pengembangan produk usaha baru (start up) dari Science Techno Park LPPM Universitas Andalas.  

Pengabdian ini tentu saja bukan kerja sakali putuih, untuk itu Jurusan TIP dan Bumnag  Baruang-baruang Balantai Timur menuangkan kerjasama pembinaan ini dalam nota kesepahaman agar nantinya produk oleh-oleh dari gambir dan durian ini berdampak dan bernilai tambah bagi perekonomian masyarakat nagari tersebut.

​      

      

 

 

04 Oktober 2019

Air Haji (29/09)- Tim Pengabdian Masyarakat Fateta Unand mengadakan kegiatan pengabdian di Nagari Sungai Sirah, Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti. Pada tahun sebelumnya, program pengabdian dengan tema Pelatihan penggunaan alat pirolisis dan aplikasinya untuk pembuatan sit angin ini bekerja sama dengan UPTD KPHP Pesisir Selatan, Dinas Kehutanan Sumbar juga telah dilakukan di Nagari Punggasan Timur dan Nagari Pondok Parian Lunang. Respon yang begitu baik dari kelompok tani dan programnya yang masih berlanjut sampai sekarang mendorong UPTD KPHP Pessel untuk kembali mengangkatkan tema pengabdian yang sama.