02 Februari 2023

Program Studi Magister Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) Universitas Andalas mengunjungi UPTD Balai Mekanisasi Sarana dan Prasarana Pertanian (BMSPP) di Bukittinggi, Kamis (2/2/2023). Kedatangan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan promosi program studi magister (S2) yang saat ini telah membuka skema baru.

Tim Prodi Magister TPB yang diketuai oleh Rusnam tiba di UPTD BMSPP dan disambut langsung oleh Kepala UPTD yaitu Dedek Sri Aulia beserta jajaran. Dedek memaparkan tentang ruang lingkup pekerjaan tim di BMSPP serta menjelaskan bahwa pegawai di BMSPP akan diproses untuk menjadi pejabat fungsional. Oleh karena itu, pegawai sangat dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan S2.

Upaya instansi pemerintah untuk mendorong pegawai memiliki jabatan fungsional adalah peluang yang baik bagi Prodi Magister TPB Unand. Bagai gayung bersambut, Prof Rusnam menjelaskan bahwa Departemen TPB Unand membuka dua skema studi magister, yaitu studi jalur reguler (by course) dan jalur penelitian (by research).

Salah satu pegawai UPTD BMSPP menanyakan tentang peluang pegawai yang telah lulus S1 sejak lama untuk mengambil studi jalur penelitian di TPB Unand, Rusnam menjelaskan bahwa Prodi Magister TPB Unand menerima pendaftaran dari calon mahasiwa selama yang bersangkutan serius ingin mengikuti studi.

"Pegawai dapat meminta rekomendasi dari atasannya agar dapat mendaftar dan menjalankan perkuliahan," ujar Rusnam.

Sistem perkuliahan magister jalur penelitian memungkinkan mahasiswa untuk menjalani perkuliahan dari jarak jauh. Selain itu, jumlah satuan kredit semester (SKS) kuliah juga lebih sedikit dari jalur reguler. Akan tetapi agar dapat mendaftar calon mahasiswa harus memiliki publikasi di jurnal ilmiah terlebih dahulu.

“Menulis jurnal ilmiah itu sebenarnya tidak sulit, apalagi bapak dan ibu sudah memiliki data dari pekerjaan di UPTD,” terang Prof Rusnam.

Di kesempatan yang sama, beberapa dosen dalam rombongan promosi atau roadshow Prodi Magister TPB Unand seperti Azrifirwan dan Renny Eka Putri juga memberikan penguatan bahwa studi magister akan sangat membantu pegawai UPTD BMSPP untuk pengembangan kapasitas diri mereka.

Adapun kegiatan promosi Prodi Magister TPB ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaring minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi S2. Periode pendaftarannya sendiri dibuka setiap semester di tahun ajaran.

Dipublikasikan ulang dari langgam.id

02 Februari 2023

Padang (2/23) - Perwakilan SMKN 2 Lubuk Basung mengunjungi kantor Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas di Limau Manis. Adapun yang hadir adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat, Drs. Azwar, dan Ketua Program Studi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Maryeni Erlina, S.TP. Rombongan SMKN 2 Lubuk Basung disambut hangat oleh Dekan Fateta Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si, Wakil Dekan 1 Dr. Deivy Andhika Permata, S.Si, M.Si dan Wakil Dekal 2 Dr. Ir. Aisman, M.Si.

Kedatangan perwakilan SMKN 2 Lubuk Basung tersebut adalah dalam rangka menjalin kerja sama dengan Fateta Unand. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kerja sama (MoU) antara kedua belah pihak.

(Sumber gambar)

09 Desember 2022

Padang (UNAND) - Untuk memperluas jaringan dan menambah kesempatan bekerja bagi lulusan, Universitas Andalas jalin kerja sama dengan industri minyak sawit dan karet, melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Rabu (7/12) di Ruang Kerja Rektor, Rektorat UNAND Kampus Limau Manis.

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Rektor UNAND Prof. Dr. Yuliandri, S.H., MH dan Deputi Direktur Human Capital PT. Triputra Agro Persada, Handoko Gidion Immanuel yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT. Triputra Agro Persada dengan Dekan Fakultas Pertanian Dr. Indra Dwipa, MS, dan juga Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Dr. Alfi Asben, MSi.

Handoko menyampaikan PT. Triputra Agro Persada sendiri merupakan bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan industri pengolahan kelapa sawit melalui Anak Perusahaan dan Perusahaan Asosiasi serta perkebunan karet.

Ditambahkannya perusahaan kami mengolah ±160.000 Ha perkebunan kelapa sawit dan ±1.400 Ha perkebunan karet. Bersama dengan anak perusahaannya, TAPG berkomitmen untuk secara konsisten memproduksi minyak sawit mentah dan produk inti sawit berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri

“Kerja sama yang dilakukan dengan Universitas Andalas ini diharapkan utamanya dapat menyerap langsung lulusan dari berbagai fakultas, sebagai tenaga kerja di perusahaan tersebut, melalui skema in-campus recruitment,” ujarnya.

Dilanjutkannya, meski begitu, berbagai program lain yang akan dibuka diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun di dunia industri.

Sementara itu, Direktur Kerjasama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Dr. Eng. Muhammad Makky, STP. M.Si mengungkapkan kerja sama ini bukan hanya berkaitan dengan perekrutan mahasiswa, namun juga bisa sebagai tempat mahasiswa melakukan berbagai aktivitas seperti magang MBKM, riset, dan PKL.

Ia menambahkan selain mahasiswa, dosen pun turut berkesempatan untuk penelitian, pengabdian masyarakat, hingga uji coba teknologi pada mitra perusahaan yang telah bekerja sama dengan Universitas Andalas.

Lebih lanjut, dikatakannya Universitas Andalas sebagai PTN-BH memposisikan diri menjadi mitra industri dan unit usaha, yang mendukung tujuan menjadi World Class University. Dimana, tolak ukur WCU sendiri ada tiga, yaitu: lulusan tidak mencari pekerjaan namun dicari oleh perusahaan, lulusan tidak mencari kerja namun membuka lapangan pekerjaan/usaha, dan lulusan berperan sebagai inovator yang berpendapatan dari menjual teknologi/paten.

“Kerja sama - kerja sama yang dilakukan Universitas Andalas dengan berbagai mitra perusahaan multi nasional dijadikan batu pondasi untuk menuju standar WCU tersebut.

Makky juga menyebut hingga saat ini, Universitas Andalas telah memiliki total 1.188 kerja sama aktif, dan menargetkan lebih banyak kerja sama ke depannya.(*)

Artikel ini dipublikasikan ulang dari berita di situs resmi Universitas Andalas

08 Desember 2022

Padang (8/12) – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Fateta Unand) resmi menandatangani surat Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Terbuka di Ruang Sidang Fateta Unand, Kampus Unand Limau Manis, hari ini. Prosesi penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas dan Dr. Subekti Nurmawati, M.Si yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka.

Di samping itu, acara tersebut juga dihadiri oleh Dr.Ir. Aisman, M.Si selaku Wakil Dekan II Fateta Unand, Dr. Deivy Andhika Permata, S.Si, M.Si selaku Wakil Dekan I Fateta Unand, Prof. Dr. Ir. Novizar Nazir, M.Si selaku Ketua Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Unand, Prof. Dr. Ir. Santosa, MP selaku Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian Unand, serta Dr. Dewi Juliah Ratnaningsih, S.Si., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka.

Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Terbuka ini menambah jumlah kerja sama Fateta Unand dengan berbagai instansi dan institusi di luar Universitas Andalas. Kedua belah pihak berharap perjanjian tersebut dapat memberikan dampak yang signifikan pada masing-masing institusi.[]