The 4th AUCFA Conference and Workshop and The 2nd AUCFA Student Seminar and Competition February 4th – 5 th, 2016, Kasetsart University, Bangkok, Thailand

08 Februari 2016

Kegiatan The 4th ASEAN Universities Consortium on Food & Agro-Based Engineering & Technology Education (AUCFA) Conference and Workshop dan The 2nd AUCFA Student Seminar and Competition dilaksanakan pada tanggal 4 - 5 February 2016 di Kasetsart University, Bangkok, Thailand. Peserta kegiatan merupakan delegasi dari Fakultas Teknologi Pertanian, mapun technologi pangan serta agroindustri. Perwakilan delegasi ini diikuti oleh beberapa Universitas di ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Cambodia dan Filipina. Masing-masing negara membawa perwakilan dekan, dosen dan mahasiswa untuk dari setiap universitas yang berpartisipasi.

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas mengirimkan delegasi yang terdiri dari dekan, dua orang dosen pendamping mahasiswa dan dua tim mahasiswa yang terdiri dari enam peserta. Prof. Dr. Ir. Santosa, MP sebagai dekan sekaligus pimpinan delegasi UNAND didampingi oleh Dr. Eng. Muhammad Makky dan Renny Eka Putri, S.TP, MP, Ph.D yang bertindak selaku Pembina tim Mahasiswa yang berkompetensi tersebut terdiri dari Tim 1 dengan anggota : Oggi Alif Riyanda (1211112004), Wahyu Kamilatul Fauziah (1211112057), dan Novia Anggraini (1211113028). Tim kedua beranggotakan Rima Liza Rinesa (1211112043), Nowiyanto (1211113002) dan Widyana Sagita (1311112014).

  1. The 4thASEAN Universities Consortium on Food & Agro-Based Engineering & Technology Education (AUCFA) Conference and Workshop

Kegiatan ini dimulai dengan Plenary session : 1) ASEAN Economics and Trade Barrier oleh Dr. Yann L. Duval (United Nation ESCAP) dan 2) EdPex Education Criteria form Performance Exellence oleh Assoc. Prof. Anan Mungwattana (Faculty of Engineering, Kasetsart University). Kemudian dilanjutkan dengan Visit Thailand Science Park in The National Science and Technology Development Agency, Pathum Thani dan kunjungan ke Institute of Food Research and Product Development (IFRPD) di Kasetsart University.

  1. Kunjungan ke Asian Institute of Technology

Kunjungan ke AIT (Asian Institute of Technology) dilakukan oleh Dekan FATETA (Prof. Dr. Ir. Santosa, MP) bersama dengan kedua pendamping (Dr. Eng. Muhammad Makky dan Renny Eka Putri, S.TP, MP, Ph.D) dilakukan dalam rangka melanjutkan kerjasama yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya. Pada pertemuan tersebut delegasi FAETA UNAND diterima oleh Dean of SERd (School of Environment, Resources and Development), Prof. Rajendra P. Shrestha yang didampingi oleh Dr. Peeyush Soni, sebagai Head of Department of Agricultural System and Engineering.

  1. The 2ndAUCFA Student Seminar and Competition

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa Negara ASEAN yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Cambodia dengan total peserta sebanyak 22 tim. Indonesia mengirim sebanyak 12 tim, meliputi Universitas Andalas (2 tim), Universitas Jember (1 tim), dan Institut Pertanian Bogor (9 tim). Malaysia mengirim sebanyak 1 tim (Universitas Malaysia Trengganu), Thailand sebanyak 4 tim (Kasetsart University), Vietnam sebanyak 2 tim, dan Cambodia sebanyak 1 tim. Tema dari kompetisi ini yaitu Innovative Rice-based Product for Global Market dengan criteria product yaitu Shelf-stable, Ready to eat, Convenience. Kriteria presentasi yaitu video dengan durasi 3 menit, power point 6 menit, dan tanya jawab selama 3 menit.

Tim Universitas Andalas menyampaikan materi dengan judul "Rice Characteristics of Indonesia Local Variety" dan "Development of Non Destructive Evaluation Technology to Determine The Quality and Character of Rice in ASEAN".

  1. The 4thASEAN Universities Consortium on Food & Agro-Based Engineering & Technology Education (AUCFA) - Dean Council

Kegiatan rapat consortium dilakukan pada tanggal 5 Februari 2016 yang diikuti oleh Dekan-dekan Fakultas Teknologi Pertanian se ASEAN, terdiri dari enam negara utusan dan 20 Universitas.

 

Untuk artikel lebih lengkapnya dapat didownload || DISINI ||

 

Read 2973 times