S2 Teknik Pertanian

Website   : -
    Leaflets Prodi S2 Teknik Pertanian

 

Pimpinan Program Magister Teknik Pertanian Periode 2018 - 2022

 

Ketua Program Magister

Rusnam, Prof. Dr. Ir., MS

NIP 196309041989031002

NIDN : 0004096308

Pangkat : Pembina Utama Madya

Golongan : IV/d

 

Sejarah singkat

Semenjak didirikan pada 1958, yang sebelumnya bernama Mekanisasi Pertanian, Program Studi Teknik Pertanian telah berhasil meluluskan sarjana sebanyak 650 orang.  Alumni yang dihasilkan telah bekerja pada sektor pemerintah, lembaga penelitian pertanian, lembaga swadaya masyarakat, perbankan, perkebunan, industri pertanian, dan wiraswasta.  Di bidang penelitian staf pengajar  telah banyak berkontribusi dalam menghasilkan alat dan mesin pertanian, berkontribusi dalam  penentuan kebijakan pengelolaan sumberdaya air baik tingkat nasional maupun regional, merekayasa dan mentransformasi kearifan lokal  ke dalam ranah keilmuan.

Program Studi Teknik Pertanian telah berhasil mendapatkan hibah kompetisi DIKTI dalam bentuk TPSDP (Technological and Professional Skills Development Project) Batch I dari tahun 2001 sampai 2005 dengan nilai lebih kurang sebesar 1.023.375 USD. Hibah tersebut digunakan untuk pengembangan program studi dalam bentuk kegiatan pengembangan staf dosen (studi lanjut S2, S3, dan training di dalam dan luar negeri), pelatihan teknisi, civil work, pengadaan peralatan laboratorium, instrumen, dan pengadaan buku untuk perpustakaan serta institutional program development. Di samping itu, melalui program SP4,  Jurusan Teknologi Pertanian pada tahun 2006 juga memperoleh dana sebesar Rp 300 juta. Semenjak tahun 1995 sampai sekarang Program Studi Teknik Pertanian telah mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri seperti AHT, GTZ, ATIAMI, JICA, dan berbagai perguruan tinggi. 

Pada saat ini, Jurusan / Prodi Teknik Pertanian memperoleh  akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT No 028/BAN – PT/Ak-X/S1/XI/2007 tanggal 26 November 2007.   Jurusan / Prodi Teknik Pertanian memiliki 20 orang dosen, dengan kualifikasi 7  Doktor, 11 orang Master atau Magister, dan 2 Sarjana, dua orang di antaranya sedang melaksanakan studi lanjut, yaitu satu  orang sedang menempuh pendidikan doktor, dan satu orang lainnya sedang menempuh pendidikan Magister. Berdasarkan kondisi sekarang dan pengalaman membina S1 selama ini menunjukkan  prasyarat yang sangat memadai untuk menjalankan program pendidikan Magister (S2) di bidang keteknikan pertanian.

Pembukaan Program Magister Keteknikan Pertanian Unand berpedoman pada:

  1. Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 1998  Tentang Pendidikan Tinggi.
  2. Keputusan Menteri Pendidikan 053/U/1993 yang menetapkan bahwa universitas/ institut yang memiliki Program Pascasarjana dapat menjalankan Program Magister.
  3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234/U/2000 Tentang Pendirian Perguruan Tinggi.
  4. SK dirjen Dikti No : 108/Dikti/Kep/2001 Tentang Pedoman Pembukaan Program Studi Dan / Atau Jurusan.
  5. SK Dirjen Dikti No 163/Dikti/Kep/2007, Tanggal 29 November 2007, Program studi keteknikan pertanian telah memiliki no kode (S2) 41-101 (Terlampir)
  6. Surat Dirjen Dikti Nomor    : 2668/D/T/2000,  Tanggal   26 September 2000    Perihal program studi baru dan pendirian perguruan tinggi baru.
  7. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160/E/O/2014 Tentang Izin Penyelenggaraan Program-program Studi baru pada Universitas Andalas di Padang.
  8. SK Rektor Nomor 9833/UN16.R/PP/2014 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Baru.

Pembukaan Program Magister Keteknikan Pertanian ini juga mengacu kepada Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang Ditjen Dikti (KPPT-JP-IV) 2003-2010, terutama menyangkut program umum B.1.7 tentang Pengembangan Program Studi Sarjana dan Pasca-sarjana dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang strategis dan Program Umum B.2. tentang Peningkatan Relevansi dan Kualitas Pendidikan Pascasarjana.

 

Visi

Menjadi salah satu dari tiga Program Studi Teknik Pertanian terkemuka dan bermartabat secara nasional dengan menghasilkan lulusan yang berkemampuan profesional dan menghasilkan teknologi teknik pertanian yang mendukung industri pertanian.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi, sehingga mampu menghasilkan lulusan dengan keahlian profesional dan menguasai teknologi dalam Teknik Pertanian, yang siap bekerja atau memulai agro-industri yang baru.
  2. Melaksanakan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan dan teknologi yang cukup berarti dalam bidang penyiapan lahan, teknik tanah dan air, mesin pertanian, manajemen mekanisasi pertanian, dan operasi pascapanen, serta
  3. Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan perbaikan teknologi lokal.

  

Tujuan

  1. Mendidik mahasiswa pasca-sarjana untuk memahami falsafah ilmu, kerekayasaan dan mengaplikasikan teori-teori Agroekosistem kawasan muson tropis yang spesifik ke dalam pemecahan masalah dalam bidang keteknikan pertanian.
  2. Mendidik para mahasiswa pasca-sarjana untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk rekayasa dan manajemen sumber daya lahan dan air di bidang pertanian, dan sistem informasi sumber daya alam pertanian.
  3. Mendidik para mahasiswa pasca-sarjana untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan biosistem dan bioproses meliputi penanganan dan pengawetan bahan pertanian, prinsip rekayasa mesin pertanian, manajemen dan pemeliharaan mesin, human factor engineering, sistem mekatronik.
Read 9245 times Last modified on Senin, 09 Maret 2020 15:56