AEBF 2024: Mengenalkan Inovasi Teknologi Pertanian ke Pelajar se-Kota Padang

16 Mei 2024

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Andalas (Unand) menyelenggarakan Acara Edukasi dan Promosi Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem (AEBF) 2024 pada Kamis (16/5). Acara ini bertemakan "Inovasi Teknologi Pertanian Berbasis IoT (Internet of Things) dalam Mendukung Ketahanan Pangan".

AEBF 2024 menghadirkan konsep baru, yaitu open house yang mengundang siswa SMA/SMK se-Kota Padang untuk mengunjungi langsung kampus dan melihat proses kegiatan perkuliahan, termasuk fasilitas pendukungnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para siswa mendapatkan informasi yang lebih komprehensif tentang jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) Unand.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unand, Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si. membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa AEBF 2024 bertujuan untuk memperkenalkan inovasi teknologi pertanian kepada generasi muda dan membuka wawasan mereka tentang peran penting sektor pertanian dalam membangun ketahanan pangan nasional.

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti:

  • Seminar bertajuk "Peran dan Peluang Lulusan Teknik Pertanian dan Biosistem dalam Dunia Kerja" yang disampaikan oleh Phobi Kevin, seorang alumni TPB Unand.
  • Pengenalan jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem oleh Kepala Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Unand, Renny Eka Putri.
  • Pameran laboratorium (open lab) yang memamerkan teknologi canggih di bidang pertanian, seperti drone, theodolite, alat dan mesin pertanian, alat ukur produk pertanian, dan robotik.
  • Donor darah sebagai bentuk kepedulian sosial.
  • Pameran UMKM yang menampilkan produk-produk olahan hasil pertanian.

Phobi Kevin dalam seminarnya menjelaskan bahwa sektor pertanian saat ini telah berkembang pesat dengan pemanfaatan teknologi modern. Hal ini membuka peluang besar bagi lulusan TPB Unand untuk berkarier di berbagai bidang, seperti industri agroteknologi, agribisnis, dan pengembangan teknologi pertanian.

Renny Eka Putri menambahkan bahwa jurusan TPB Unand memiliki komitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di era global. Dengan kurikulum yang up-to-date dan fasilitas laboratorium yang lengkap, mahasiswa TPB Unand akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi ahli di bidang pertanian.

Diharapkan dengan adanya AEBF 2024, para siswa SMA/SMK dapat terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem Unand dan berkontribusi dalam membangun ketahanan pangan nasional.

AEBF 2024 merupakan bukti nyata komitmen Universitas Andalas dalam menyiapkan generasi muda yang unggul dan siap menghadapi tantangan masa depan di bidang pertanian.

 

Read 112 times