CSJ Fateta Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Populer bagi Dosen Unand

31 Mei 2024

Organisasi Mahasiswa Creativity on Science Journalistic (CSJ) Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas (Unand) mengadakan pelatihan penulisan artikel populer untuk media massa di ruang sidang dekanat Fateta Unand pada Kamis (30/5). Kegiatan ini diikuti oleh dosen dari berbagai fakultas, termasuk Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Teknologi Pertanian Unand.

Dekan Fateta, Alfi Asben, secara resmi membuka acara ini dan menyampaikan apresiasi kepada CSJ atas penyelenggaraan pelatihan tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam mempublikasikan hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

"Semua orang bisa menulis, tetapi bagaimana hasil tulisan itu dapat dipahami dan dimengerti oleh banyak orang. Biasanya dosen diharuskan mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian dalam bentuk jurnal, namun dengan bahasa populer yang diterbitkan di media massa akan lebih menarik dan mudah dimengerti," ujarnya.

Pelatihan ini menghadirkan Pemred Langgam.id Yose Hendra, sebagai narasumber. Ia membimbing peserta untuk menghasilkan tulisan yang menarik sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Yose menjelaskan bahwa artikel yang diminati pembaca saat ini lebih mengarah pada hal-hal yang bermanfaat langsung bagi masyarakat dibandingkan riset akademik dalam bentuk jurnal.

"Sebuah tulisan lepas berisi opini yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kontroversial, ditulis oleh seorang pakar dengan gaya penulisan lugas, singkat, dan padat. Tujuannya untuk memberikan informasi, mempengaruhi dan meyakinkan (persuasif argumentatif), atau menghibur pembaca (rekreatif)," tambahnya.

Para peserta tampak sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Laila Rahmi, salah satu peserta dari Fakultas Kedokteran, mengatakan, "Kegiatan ini sangat bagus untuk kami ikuti, karena selama ini kami kesulitan dalam mempublikasikan hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dalam bahasa yang ringan. Selain itu, hasil penulisan media ini juga membantu para dosen dalam pengisian BKD." (*/)

Berita ini sudah dipublikasikan di :https://langgam.id/csj-fateta-gelar-pelatihan-penulisan-artikel-populer-bagi-dosen-unand/

Read 120 times