Functional Food: Research and Innovation, Fateta Gelar Guest Lecture dari UiTM Malaysia

28 November 2023

Fateta Unand mengadakan kegiatan Guest Lecture (dosen tamu) yang bertempat di gedung seminar F Universitas Andalas, Senin (20/11), untuk memberikan informasi dan wawasan seputar penelitian dan inovasi terkait pangan fungsional.

Pemaparan diberikan oleh dua narasumber dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia; Dr Fadhilah Jailani materinya “Fueling Wisely: Exploring Carbohydrates and Glycemic Index” dan Dr Siti Sahara materi “Sweet Protein : Understanding the Future of Sweetness”

Kegiatan dimoderatori Bastian Nova, selaku dosen Fakultas Teknologi Pertanian dan dilanjutkan pemaparan materi pertama oleh Dr Fadhilah Jailani, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Dr Siti Sahara.

Setiap materi diberikan masing-masing sesi tanya jawab yang disertai dengan antusias audiens yang ingin bertanya lebih lanjut tentang materi yang telah dipaparkan. Karena pangan inovasi terkait pangan fungsional ini sangat menarik, para dosen pun tak luput untuk mengajukan pertanyaan.

Dari pemaparan materi yang berjudul “Fueling Wisely : Exploring Carbohydrates and Glycemic Index” oleh narasumber pertama yaitu Dr Fadhilah Jailani diperoleh kesimpulan bahwa memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas karbohidrat, seperti indeks glikemik sangat penting dalam menentukan pilihan makanan yang tepat.

 

GI adalah alat optimasi diet bersama dengan prinsip diet lainnya yaitu moderasi, keseimbangan dan variasi. Pertimbangkan faktor budaya dan pola makanuntuk keberlanjutan kualitas karbohidrat.

Kolaborasi antara insdustri makanan dapat membantu menerjemahkan temuan ini ke dalam aplikasi praktis untuk menciptakan karbohidrat yang lebih sehat dan beragam bagi konsumen.

Pemaparan materi Sweet Protein: Understanding the Future of Sweetness oleh Dr Siti Sahara memiliki sebuah informasi menarik yaitu tentang cara menjaga kualitas protein manis di antaranya : 1. Analisis Struktur: Kristalografi Sinar-X 2. Analisis Kemurnian dan Komposisi: Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (HPLC) & Spektrometri Massa (MS 3. Analisis Fungsional: Pengujian Rasa & Intensitas Manisnya 4. Studi Stabilitas: Stabilitas Panas & Stabilitas pH 5. Studi Umur Simpan.

Kedua narasumber berharap akan ada penelitian dan inovasi lebih lanjut tentang pangan fungsional khususnya mengenai kualitas karbohidrat, indeks glikemik dan inovasi produk dari pemanis protein di masa yang akan datang.(*)

 

Tulisan ini sudah diterbitkan : https://padek.jawapos.com/iptek/21/11/2023/functional-food-research-and-innovation-fateta-gelar-guest-lecture-dari-uitm-malaysia/

 

Read 1617 times