Departemen TPB Fateta Unand Jalani Visitasi Akreditasi Program Studi Magister dari BAN-PT

28 November 2023

Program Studi Magister Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand) pada Jum’at (24/11) menjalani visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dilaksanakan di gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Universitas Andalas.

Kegiatan yang diawali dengan pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, sambutan Pimpinan Fakultas dan Universitas. Pada kesempatan tersebut turut hadir rektor baru Dr. Efa Yonnedi, SE. MPPM, Akt, CA, CRGP.

 

Efa menyampaikan, Unand saat ini sudah memiliki akreditasi unggul, tentunya didukung dengan SPMI yang sangat bagus yg telah melampaui target capaian SNDIKTI, khususnya pada aspek penelitian dan pengabdian.

Ditambahkannya, Unand juga unggul pada capaian Indikator Kinerja Utama pada pilar 5 (IKU 5), dimana unand meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan jumlah terbanyak hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Hal ini didukung oleh semua unsur.

"Kami berharap adanya peningkatan akreditasi pada setiap prodi jug akan mengukuhkan akreditasi unggul unand. Dan juga saat ini unand bergerak lebih jauh dengan mendorong setiap prodi untuk melakukan akreditasi internasional," tutur Efa.

 

Dalam kegiatan visitasi para asesor melakukan konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa kemudian dilanjutkan kunjungan ke fasilitas akademik, perpustakaan, laboratorium, ruang kerja, dan fasilitas lainnya. Dan setelah kunjungan mengkonfirmasi kinerja, keterlibatan, dan kepuasan dosen, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan.

Perwakilan asesor Profesor Lilik menyampaikan proses akreditasi tidak memotret satu titik tetapi berkelanjutan untuk lebih baik kedepannya dan student body perlu ditingkatkan, lulus tepat waktu, desain kurikulum, kompetensi.

Guru besar Fateta yang sekaligus ketua Program Studi Magister TPB Rusnam menyampaikan terimakasihnya dengan selesainya AL akreditasi Magister TPB.

 

"Saya selaku ketua prodi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi, kerjasama dan bantuannya dari pimpinan fakultas dekan, wakil Dekan 1 dan 2, selurus dosen fateta, tenaga kependidikan dan mahasiswa Fateta. Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan hasil terbaik dan jerih payah kita semua bisa dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yg setimpal," tandasnya.

 

tulisan ini telah diterbitkan di : https://langgam.id/departemen-tpb-fateta-unand-jalani-visitasi-akreditasi-program-studi-magister-dari-ban-pt/

 

Read 1598 times