HIMA-TPB Unand Padang Workshop Penulisan PKM Persiapan Program Kreativitas Mahasiswa 2024

19 September 2023

Himpunan mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem (HIMA-TPB) Universitas Andalas (Unand) Padang baru saja mengadakan kegiatan workshop penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kamis, 14 September 2023 di Gedung Seminar. Kegiatan ini diikuti peserta angkatan 21 dan 22. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai jembatan bagi mahasiswa agar bisa mengeluarkan ide dan gagasan yang bisa dikembangkan untuk penulisan PKM.

Pada kegiatan penulisan PKM dihadiri oleh Dr. Renny Eka Putri, S.TP, MP selaku ketua Departemen TPB, Deivy Andika Pertama, S.Si, M.Si selaku Wakil Dekan 1 Fateta. Sambutan dari pembina HIMA-TPB sekaligus pembukaan kegiatan workshop oleh Ashadi Hasan, S.TP, M.Tech dan beberapa dosen lainnya. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan kegiatan untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar bisa menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis/professional dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada kegiatan ini narasumber kegiatan workshop yakni Dr. Eng. Dendi Adi Saputra M, M,S.T.,M.T dan Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi, S.T.,M.T. Narasumber menjelaskan pengertian PKM dan memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa dapat menjadi bagian program PKM. “Kita bisa melihat lingkungan sekitar apa permasalahan yang bisa dijadikan ide dan solusi yang bisa kita tawarkan, karena masalahmu adalah inovasiku” ujar Dendi Adi Saputra.

Dari hal tersebut bisa membuka pikiran audience untuk memunculkan ide-ide yang bisa dijadikan judul dari PKM nantinya. Hal senada juga disampaikan Muhammad Ilhamdi Rusydi. "Jangan diam dengan masalah yang ada disekitar, apapun permasalahan yang terjadi jadikan sebuah inovasi untuk kita cari solusinya, karena masalah terbesar adalah ketika seseorang yang tidak mempunyai masalah, Artinya seseorang yang tidak memiliki masalah berarti orang tersebut tidak peka dengan lingkungan sekitar dan juga tidak peduli dengan hal apapun," katanya.

Diharapkan, kegiatan workshop dapat membuka pemikiran kritis mahasiswa agar bisa mengambil bagian dari PKM dan bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi yang bisa membawa nama baik universitas terkhususnya jurusan TPB. (*)

 

Tulisan ini sudah dipublish di media : https://halonusa.com/himatpb-unand-padang-workshop-penulisan-pkm-persiapan-program-kreativitas-mahasiswa-2024/10

 

 

Read 2628 times