Departemen TIP Fateta Unand Ajak UMKM Nagari Lawang Kembangkan Formulasi Minuman Tebu

04 September 2023

Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP) melakukan pembinaan melalui kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa, 29 Agustus 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Wali Nagari Lawang yang dihadiri perangkat nagari, masyarakat dan dosen beserta mahasiswa Fateta Unand. Pembinaan itu dilaksanakan pada rangkaian kegiatan lustrum ke 3 Fakultas Teknologi Pertanian Unand Padang.


Dekan Fateta Unand, Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si menuturkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan berazazkan tridarma perguruan tinggi dalam hal penerapan ilmu dan teknologi yang dikembangkan di perguruan tinggi.
Alfi menyebutkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Lustrum ke 3 Fateta. Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan oleh masing masing departemen yang ada di Fateta, yakni Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB), Departemen Teknologi pangan dan Hasil Pertanian (TPHP) dan Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP).


Adapun bentuk kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah dengan topik diversifikasi produk berbahan dasar air tebu. Penyampaian materi ini oleh salah seorang guru besar Fateta,yakni Prof. Anwar Kasim. Dalam kegiatan ini perlakuan pada air tebu dipraktekkan dengan formula air tebu sebanyak 10 liter, asam sitrat 0.3 % atau setara 30 g, ekstrak air daun pandan 3.34% atau 334 cc dan cincau 7% atau setara dengan 700 g.
Hasil dari praktek diversifikasi produk air tebu ini langsung dinikmati oleh yang hadir pada kgiatan pengadian.

Beberapa olahan yang sudah dibuat oleh masyarakat Nagari Lawang diantaranya air tebu, gula semut, nata de tebu, serta molasse dari tebu. Salah seorang warga Yelfira (48) menuturkan, kegiatan yang dilakukan Fateta Unand ini sangat bagus,dapat memberi ilmu kepada masyarakat Nagari Lawang untuk meningkatkan inovasi olahan dari tebu. (*)

Tulisan ini sudah diterbitkan di : https://langgam.id/tip-fateta-unand-dorong-umkm-nagari-lawang-kembangkan-formulasi-minuman-tebu/

Read 2113 times