TPB Unand Lakukan Kajian Potensi Nagari Tigo Balai Matur dalam Kegiatan Pengabdian

14 Juni 2023

TPB telah melakukan kerjasama dengan Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur terkait bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Beberapa kajian dan penelitian dosen TPB disosialisasikan kemudian dipaparkan agar bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah pemetaan kesuburan tanah di Nagari Tigo Balai. Pemetaan kesuburan tanah ini juga melibatkan mahasiswa pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam proses pengambilan sampel tanah. Kemudian sampel tanah dianalisis di laboratorium BSPI (Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri, dulunya Baristan).

Hasil analisis tersebut kemudian dituangkan ke dalam sebuah peta kesuburan tanah di Nagari Tigo Balai. Peta ini diharapkan dapat memberikan manfaat serta gambaran kepada masyarakat terhadap perlakuan dalam proses pemupukan dan budidaya tanaman pertanian ke depannya.

Delvi Yanti, selaku ketua pelaksanaan pengabdian TPB menuturkan program ini tidak hanya berhenti di sini sebatas kegiatan pengabdian tapi program pengabdian ini masih berlanjut selama 5 tahun ke depan khususnya dalam meningkatkan dan transformasi teknologi bagi pengembangan sektor pertanian di Nagari Tigo Balai khususnya.

Salah satu kegiatan lainnya yakni sosialisasi pembuatan permen gula tebu herbal. Inovasi produk ini diharapkan dapat berkembang dan berpotensi sebagai cemilan kekinian bagi pengunjung atau wisatawan yang datang ke Nagari Tigo Balai untuk dijadikan buah tangan.


Pemerintah nagari setempat menyambut baik dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Departemen TPB Unand di nagari mereka. Diharapkan apa yang dihasilkan mampu mendukung program kegiatan yang dilaksanakan di Nagari Tigo Balai, Kabupaten Agam.(*)

Read 1907 times