Penjaringan Mahasiswa Baru Melalui Roadshow S1 TPB Ke MAN 1 Solok Plus Keterampilan

16 Maret 2023

Proses promosi selalu menjadi agenda wajib bagi setiap perguruan tinggi untuk menggaet calon mahasiswa untuk bisa kuliah diperguruan tinggi tersebut tidak terlepas bagi Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang.

Adapun yang menjadi target promosi tahun 2023 ini adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus keterampilan yang berlokasi di Kenagarian Koto Baru Kabupaten solok. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (16/3) lalu, juga melibatkan Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (Himateta).

Kegiatan roadshow ini mendapat sambutan baik dari pihak sekolah, hal ini disampaikan oleh wakil kepala sekolah Mulyadi. “Kegiatan ini sangat mendukung bagi siswa kami dalam memberikan gambaran akan pemilihan jurusan yang akan mereka ambil ketika ingin meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Karna dengan informasi tersebut para siswa bisa mengetahui apa saja yang akan mereka persiapkan nantinya setelah tamat dari sekolah ini," tuturnya.

Mulyadi juga menambahkan harapannya kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahun ke sekolah kami, untuk bisa menjaring minat siswa bisa melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. MAN 1 Solok juga menjadi sekolah piloting dari program merdeka belajar yang ditetapkan oleh dirjen Kemenag.

"Tentunya kunjungan dari kampus memberikan warna baru bagi para siswa didik kami," ujarnya.

Rahmi awalina, salah satu dosen TPB yang hadir pada kegiatan roadshow tersebut yang sekaligus juga menjadi alumni dari MAN 1 Solok ini menyampaikan sambutan mewakili Departemen TPB mengungkapkan rasa bangganya terhadap sekolah karena sudah berhasil memberikan pendidikan terbaik bagi para siswa di sana.

Kemudian juga kemajuan fasilitas pendukung yang sangat lengkap tentunya menunjang dari setiap proses pembelajaran di sekolah. Harapannya setiap siswa bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Diakhir acara Rahmi juga menyampaikan pesan ke para siswa, satu atau dua tahun mendatang, kehadiran alumni dari MAN 1 Solok ditunggu untuk bisa bergabung di Departemen TPB Fateta Unand.

Pada kesempatan yang sama, Fadli Irsyad dosen TPB juga memberikan motivasi bagi para siswa untuk tetap slalu semangat dan mempunyai cita cita tinggi bisa melanjutkan pendidikan. "Dengan niat, ikhtiar dan ridho dari orangtua menjadi modal awal bagi kita untuk melangkah maju mencapai cita cita yang diimpikan, diawali dengan Bismillah," tuturnya.

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan setiap siswa. Siswa semakin bersemangat dengan hadiah doorprise yang sudah dipersiapkan anggota Himateta.

Read 1363 times