Prodi Magister TPB Unand Laksanakan Promosi ke UPTD BMSPP Bukittinggi

02 Februari 2023

Program Studi Magister Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) Universitas Andalas mengunjungi UPTD Balai Mekanisasi Sarana dan Prasarana Pertanian (BMSPP) di Bukittinggi, Kamis (2/2/2023). Kedatangan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan promosi program studi magister (S2) yang saat ini telah membuka skema baru.

Tim Prodi Magister TPB yang diketuai oleh Rusnam tiba di UPTD BMSPP dan disambut langsung oleh Kepala UPTD yaitu Dedek Sri Aulia beserta jajaran. Dedek memaparkan tentang ruang lingkup pekerjaan tim di BMSPP serta menjelaskan bahwa pegawai di BMSPP akan diproses untuk menjadi pejabat fungsional. Oleh karena itu, pegawai sangat dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan S2.

Upaya instansi pemerintah untuk mendorong pegawai memiliki jabatan fungsional adalah peluang yang baik bagi Prodi Magister TPB Unand. Bagai gayung bersambut, Prof Rusnam menjelaskan bahwa Departemen TPB Unand membuka dua skema studi magister, yaitu studi jalur reguler (by course) dan jalur penelitian (by research).

Salah satu pegawai UPTD BMSPP menanyakan tentang peluang pegawai yang telah lulus S1 sejak lama untuk mengambil studi jalur penelitian di TPB Unand, Rusnam menjelaskan bahwa Prodi Magister TPB Unand menerima pendaftaran dari calon mahasiwa selama yang bersangkutan serius ingin mengikuti studi.

"Pegawai dapat meminta rekomendasi dari atasannya agar dapat mendaftar dan menjalankan perkuliahan," ujar Rusnam.

Sistem perkuliahan magister jalur penelitian memungkinkan mahasiswa untuk menjalani perkuliahan dari jarak jauh. Selain itu, jumlah satuan kredit semester (SKS) kuliah juga lebih sedikit dari jalur reguler. Akan tetapi agar dapat mendaftar calon mahasiswa harus memiliki publikasi di jurnal ilmiah terlebih dahulu.

“Menulis jurnal ilmiah itu sebenarnya tidak sulit, apalagi bapak dan ibu sudah memiliki data dari pekerjaan di UPTD,” terang Prof Rusnam.

Di kesempatan yang sama, beberapa dosen dalam rombongan promosi atau roadshow Prodi Magister TPB Unand seperti Azrifirwan dan Renny Eka Putri juga memberikan penguatan bahwa studi magister akan sangat membantu pegawai UPTD BMSPP untuk pengembangan kapasitas diri mereka.

Adapun kegiatan promosi Prodi Magister TPB ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaring minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi S2. Periode pendaftarannya sendiri dibuka setiap semester di tahun ajaran.

Dipublikasikan ulang dari langgam.id

Read 2009 times