Unand-Prefecture University of Hiroshima Laksanakan MBKM Asistensi Riset

27 September 2022

Padang, Padek--Tiga orang mahasiswa dari Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Unand berhasil lolos dalam kegiatan asistensi riset Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Prefecture University of Hiroshima Jepang. Program ini untuk periode September 2022 - Februari 2023.

Mahasiswa yang lolos tersebut yaitu Aisyah Shakira Putri, Adisti Putri Junaidi dan Zahra Abidina Pintaito. Walaupun mengalami kendala administrasi karena masih ada suasana Covid-19, akhirnya mereka berhasil juga mendarat di Jepang pada hari Selasa, (20/9).

Ketua Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Unand, Prof Novizar Nasir menyampaikan selama berada di kampus Prefecture University of Hiroshima nantinya meraka akan melakukan serangkaian aktivitas seperti pembelajaran dan pengerjaan projek penelitian. Topik yang diteliti yaitu pengolahan biomassa bambu betung menjadi adsober sebagai alternatif dalam pengendaliaan pencemaran Perairan.

“Setiap mahasiwa akan meneliti topik yang berbeda, namun masih dalam ruang lingkup yang sama, sehingga semakin banyak hal-hal dan informasi yang bisa dieksplor nantinya,” katanya.

Penelitian ini sangat bermanfaat dalam pemanfaatan limbah biomassa bambu menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih dan utilitas yang sangat penting. Apalagi mengingat banyaknya perairan di Indonesia yang sudah tercemar oleh logam berat akbiat dari oknum industri yang kurang bertanggung jawab dalam mencegah pencemaran perairan.

Keberhasilan penelitian ini nantinya diharapkan dapat menjadi terobosan baru dalam bidang teknologi pengendalian limbah yang bersifat lebih ramah lingkungan dan renewable. Selain itu diharapkan dapat memutus tingginya angka pencemaran perairan di Indonesia, peningkatan penyediaan air bersih, juga dapat menaikkan nilai ke-ekonomian para petani bambu betung.

“Tujuan peneltian ini pun tak lepas sebagai bentuk kontribusi perguruan tinggi dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Ini merupakan panggilan universal untuk semua negara maju dan berkembang untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi manusia dan seluruh planet. Serta memastikan pada tahun 2030 mendatang semua orang menikmati hidup yang damai dan makmur,” katanya.

Dengan berhasilnya penelitian ini telah menjadi suatu bentuk sikap peduli dan pro aktif yang telah menceklis 7 di antara 17 tujuan dari SDGs yaitu good health and well-being, clean water and sanitation, affordable and clean energy, decent work and economic growth, responsible consumption and production, life below water dan life on land.

Tak hanya meneliti, nantinya juga akan dilakukakan kolaborasi penelitian dan penulisan artikel ilmiah serta bentuk kerjasama lainnya antara pihak Universitas Andalas Indonesia dengan Prefecture University of Hiroshima, Japan. “Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk mengikuti kegiatan yang sama ataupun lebih,” ujar Prof Novizar Nasir.

Keberangkatan tiga orang mahasiswa ini, tidak lepas juga dari dukungan Rektor Unand yang memfasilitasi tiket penerbangan (pulang-pergi), uang saku serta tempat tinggal selama berada di Jepang terkait salah satu program dari MBKM. Keberangkatan ketiga mahasiswa ini ke Prefecture University of Hiroshima, Japan didampingi oleh Prof Novizar Nazir, lalu Koordinator MBKM Fakultas Teknologi Pertanian Unand Daimon, Kepala International Office Unand Vonny Indah Mutiara dan Kadep Ilmu Tanah Faperta Gusmini yang sekaligus Alumni Prefecture University of Hiroshima Jepang.

Keberangkatan kedua pendamping ini sekaligus untuk melakukan kerjasama pengembangan Program S-2 Double Degree antara Fakultas Teknologi Pertanian Unand dengan Prefecture University of Hiroshima dan Gifu University Jepang ke depannya. (cr7)

Dipublikasikan ulang dari berita yang terbit di Padang Ekspress

Read 549 times