Tiga Orang Guru Besar dari Fateta Unand Sampaikan Orasi Ilmiah pada Prosesi Pengukuhan

27 September 2022

Padang (19/9) - Universitas Andalas kembali mengukuhkan Guru Besar sebagai kelanjutan proses akademik yang telah mereka lakukan. Kali ini Unand mengukuhkan 3 orang guru besar dari Fakultas Teknologi Pertanian. Tiga orang yang dikukuhkan tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim, Prof. Dr. Ir. Rina Yenrina, M.Si, dan Prof. STP, MP, Ph.D.

Agenda pengukuhan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang bertempat di gedung Convention Hall, Universitas Andalas. Rapat pengukuhan dibuka dan dipimpin langung oleh ketua Dewan Profesor Universitas Andalas, Prof. Helmi, Ph.D. Setelah pembukaan, agenda berlanjut pada pembacaan surat keputusan, pembacaan riwayat hidup, serta penyampaian orasi ilmiah oleh ketiga guru besar yang dikukuhkan.

Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim menyampaikan potensi besar tanaman gambir dalam orasinya yang berjudul "Gambir: Tanaman Masa Lalu dan Bahan Baku Industri Masa Datang". Ia menilai bahwa selama ini gambir lebih banyak diekspor ke luar negeri padahal potensinya besar untuk dimanfaatkan untuk menunjang industri lokal, salah satu contohnya adalah penyamakan kulit.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Rina Yenrina menyampaikan hasil risetnya tentang pembatasan konsumsi makanan tinggi purine dalam mengatasi mencegah timbulnya penyakit hiperurisemia dan arthritis gout dalam orasi berjudul "Pengendalian Hiperurisemia dan Arthritis Gout dengan Membatasi Konsumsi 'High Purine Foods' dan Kandungan Purin Masakan Khas Sumatera Barat". Kemudian, Prof. Tuty Anggraini, STP, MP, Ph.D menyampaikan potensi teh lokal dalam orasinya yang berjudul “Potensi Teh (Camellia sinensis) Sumatera Barat sebagai Antioksidan serta Pengaruh Keberadaan Anthraquinone sebagai Kontaminan”.

Di samping itu, rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. menyampaikan bahwa acara pengukuhan tersebut merupakan cara Unand untuk memberitahu dunia luar tentang guru besar yang telah dikukuhkan. Ia juga menyatakan Unand siap mendukung para guru besar tersebut untuk melanjutkan penelitiannya.

Dengan demikian, ketiga dosen Fateta Unand tersebut telah dikukuhkan pada bidang ilmunya masing-masing. Prof. Anwar Kasim sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Teknologi Pertanian, Prof. Rina Yenrina sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Gizi, dan Prof. Tuty Anggraini sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Teknologi Hasil Kebun.

Read 315 times