Seminar Motivasi Himalogista Unand Gandeng Pemateri Handal

16 Maret 2014

Fateta Unand - Ada yang menarik di Ruangan Pilot Plant Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas (Unand) pada Sabtu, 15 Maret 2014. Ruangan yang biasanya dijadikan tempat kuliah seminar, wisuda, atau ruang serba guna ini disulap menjadi ruangan yang dipenuhi motivasi. Pagi itu pukul 09.00 Himalogista Fateta Unand mengadakan Seminar Motivasi sebagai salah satu rangkaian acara Mahakarya Logista II tahun ini.

Mahakarya Logista II yang telah diselenggarakan sejak Senin, 10 Maret lalu ini tidak menyurutkan antusias panitia acara maupun peserta seminar yang notabene merupakan mahasiswa baru Fateta. Rata-rata dari mereka merupakan angkatan 2013. Namun tidak hanya mahasiswa Fateta saja yang mengikuti seminar ini, mahasiswa dari fakultas lain juga ikut serta seperti mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Lewat cara penyampaian presentasi yang unik, pemateri mampu memprovokasi antusias mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan tersebut. Tidak tanggung-tanggung, Himalogista kali ini mengundang dua pemateri yang berkompeten. Dua pemateri tersebut ialah Fitriani Kasim dan Martga Bella Rahimi. Kedua pemateri ini memiliki latar belakang yang menarik dan dapat memotivasi mahasiswa yang baru melangkah memasuki dunia perkuliahan. Seperti yang diungkapkan Abdirian Syaputra, Ketua Himalogista Unand. Menurutnya, pemateri yang diundang merupakan orang yang sudah punya pengalaman dan prestasi yang baik.

Fitriani Kasim merupakan Dosen Fateta yang juga menjadi Pembina Himalogista. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang bisa dijadikan tokoh yang dikagumi bagi mahasiswa Fateta. Dimulai sejak menginjak bangku sekolah, ia telah banyak meraih prestasi serta penghargaan. Ia pernah mendapatkan Juara II Lomba Tilawatil Qur’an pada Perkemahan Wirakarya  se- Sumatera Barat, Juara II Lomba Puisi antar Remaja Masjid se- Kotamadya Padang, dan Juara III Lomba Puisi Tingkat SLTA se-Kotamadya Padang. Di bangku perkuliahan pun ia juga tidak lepas menggenggam prestasi. Ia pernah menjadi Terbaik II Peserta Pelatihan karya tulis Ilmiah Unand dan Juara I lomba Artikel Ilmiah Unand. Terakhir, ia pernah mendapatkan Piagam Penghargaan dari Dekan Sekolah Pascasarjana Insitut Pertanian Bogor atas Prestasi Akademik Gemilang pada  Semester I, II, dan III dengan Indeks prestasi 4.00. Selain itu masih banyak lagi prestasi yang di milikinya serta pengalaman organisasi dan pengalaman kerjanya dalam dunia pendidikan.

Pada Seminar Motivasi tersebut, Fitriani Kasim memotivasi mahasiswa dengan tema “Aku Bisa!”. Alumni SMA Negeri 3 Padang ini mencoba memacu dan memotivasi mahasiswa agar selalu percaya diri dan bisa melakukan sesuatu hal. Dengan membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok, mampu memecah suasana hati peserta yang awalnya masih malu-malu dan diam menjadi aktif mengikuti acara ini. Di sela acara, Fitriani Kasim mengatakan bahwa harus percaya diri dalam hidup, “ Kita tidak lebih baik atau tinggi dan tidak lebih rendah dari orang lain,” kata Fitri.

Selain Fitriani Kasim, Martga Bella Rahmi yang kerap disapa Mimi ini juga memiliki segudang prestasi. Mimi yang menjadi pemateri kedua setelah Fitriani Kasim ini juga tak kalah menarik antusias peserta. Dengan gayanya yang unik mampu membuat peserta tidak melepas pandangan ketika ia berbicara. Grand finalis Unand Award dan best photogenic Unand Award IX ini memberikan gambaran mengenai alasan untuk hidup manusia serta cara menemukan passion.

Lulusan Fakultas Kedokteran Unand ini juga pernah menjadi juara II mahasiswa berprestasi di Unand. Selain itu, Ketua Komunitas Tangan Di Atas Kampus yang merupakan komunitas wirausahawan kampus ini juga merupakan pendiri La Dewi Organizer dan Klub Anatomi Fakultas Kedokteran Unand. Tidak hanya itu, ia juga menjadi peneliti untuk riset ke Norwegia Agustus 2014 nanti.

Abdirian Syaputra, Ketua Himalogista mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa baru. “Sebenarnya acara ini dikhususkan untuk mahasiswa baru Fateta, tetapi juga terbuka untuk umum,” kata pria yang akrab disapa Rian ini. Lebih lanjut, Rian berharap agar peserta bisa mendapatkan inspirasi untuk bisa memaksimalkan potensi diri yang ada.

Read 2975 times