The 5th UGSAS-GU Round Table and Symposium 2016

30 Agustus 2016

Untuk meningkatkan dan memperkuat kerjasama regional di antara Universitas di ASIA, United Graduate School of Agricultural Science, Gifu University (UGSAS-GU), Japan mengusulkan membentuk sebuah konsorsium internasional pada tahun 2012 yang disingkat dengan IC-GU2012, setiap anggota universitas akan bekerja sama untuk pertukaran pelajar, peneliti, dan dosen. Pada tahun akademik 2014, empat belas (14) universitas dari tujuh negara Asia yang berbeda (Bangladesh, Cina, India, Indonesia, Thailand, Vietnam dan Jepang) menandatangani pernyataan mendukung konsorsium.

Pada tahun 2016 ini, merupakan pertemuan ke-5 yang diselenggarakan di Gifu University. Pertemuan kali ini diadakan dari tanggal 29 s/d 31 Agustus 2016, dengan pembukaan dilaksankan di Jurako Plaza, Gifu City. Pada hari pertama, Senin, 29 Agustus 2016, acara dibuka oleh Dekan UGSAS-GU, Prof. Masateru Senge, Ph.D, Selanjutnya, sambutan dari Presiden Gifu University, dan kemudian dilanjutkan laporan dari tiap-tiap delegasi tentang perkembangan kerjasama antara universitas anggota konsorsium. Pada pertemuan kali ini juga dihadiri oleh Kemenristekdikti, Dr. Purwanto Subroto yang menjelaskan tentang Double Degree dan Join Degree.

Pada hari ke-2 (30 Agustus 2016), dilaksanakan simposium, yang sesi plenary-nya dengan keynote speaker Prof. A.H.M Nurun Habibi (Dhaka University), Prof. Rudi Febriamansyah (Andalas University) dan Prof. Siti Subandiyah (Gadjah Mada University). Prof. Rudi Febriamansyah mempresentasikan makalah dengan judul “Studies on Climate Changes and Natural Resources Management : Findings and Lesson Learned from West Sumatera, Indonesia“.

Kemudian pada sesi ordinary, simposium ini dibagi menjadi tiga lokal, dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas berada pada lokal II. Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas tersebut mempresentasikan makalahnya dengan judul sebagai berikut :

  1. Physical and Chemical Characteristic Analysis for Avocado (Persea americana mill) in Process of Ethylene Gas Absorption with Using Kalium Permanganat, oleh  Santosa.
  2. Responses of Cucumber Fruit to Low Oxygen and High Carbon Dioxide under Water Stress Condition as Related to Alleviate Chilling Injuryoleh Khandra Fahmy.
  3. The Antioxidant Activity of Syzygium oleana, oleh  Tuty Anggraini
  4. The Characteristic of Analog Rice from Purple Sweet Potato (Ipomoea batatas) Mixed with Mocaf and Beans Fence (Phaseoulus lunatusL.), oleh Prof. Dr. Kesuma Sayuti.

Pada hari Rabu, 31 Agustus 2016, acara konsorsium ini ditutup dengan Expedition Tour ke (1) Inuyama Headworks, (2) National Treasure Inuyama Castle, dan (3) The Naito Museum Pharmaceutical Science and Industry.

Read 2837 times