Pengabdian pada Masyarakat KWT Bengke Sakato yang Hendak Melebarkan Sayap Industri Rumahan Berbasis Kelapa

15 November 2019

Oleh: Wenny S. Murtius dan Vioni Derosya

Tak heran jika Praja Muda Karana alias Pramuka mengambil kelapa sebagai lambangnya. Kelapa memiliki banyak manfaat dan produk turunannya sebagaimana dapat dilihat pada pohon industri kelapa. Virgin coconut oil atau VCO merupakan salah satu produk olahan kelapa yang diproduksi dan dapat ditemui secara lokal dari Kelompok Wanita Tani Bengke Sakato.

UP3HP Kelompok Wanita Tani Bengke Sakato hendak melebarkan sayap produk di industri rumahan mereka yang berbasis kelapa. Berlokasi di Jorong Bengke, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, KWT Bengke Sakato selama ini telah memproduksi produk VCO, minyak tanak serta berbagai produk makanan seperti rakik kacang dan lainnya. Untuk itu, melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya, Ibu Neswati M.Si dan Ibu Wenny Surya Murtius MP dari jurusan termuda di Fateta Unand, Teknologi Industri Pertanian (TIP), kembali ke KWT ini untuk memberikan pelatihan pengembangan produk sabun berbasis minyak kelapa dan pendampingan BPOM pada sabtu 9 November yang lalu.

Didatangi Tim pengabdian, dosen Fateta lainnya serta mahasiswa TIP, anggota kelompok ini terlihat sangat antusias dan bersemangat baik saat mendengarkan materi maupun mencoba langsung praktik pembuatan sabun. Mereka pun berkreasi dengan menambahkan ekstrak pandan ke dalam sabun saat praktik berlangsung. Diharapkan nantinya produk sabun berbasis minyak kelapa dapat memiliki izin dan sertifikat BPOM untuk dipasarkan lebih luas. Hasilnya, nilai tambah kelapa pun dapat dinikmati oleh KWT Bengke Sakato ini.

Read 84 times