Print this page

Inovasi Teknologi dan Nilai Tambah pada Gambir dan Durian untuk Peningkatan Perekonomian Nagari Baruang-baruang Balantai Timur, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan

07 November 2019

Oleh: Vioni Derosya, S.TP, M.Sc

Didasari dengan konsep pemberian nilai tambah dan inovasi bagi bahan lokal seperti gambir dan durian, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (TIP Fateta Unand) melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Badan Usaha Milik Nagari Baltim Sepakat milik Nagari Baruang-baruang Balantai Timur, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan menggunakan skema IbPSNB (Iptek bagi Masyarakat Program Studi berbasis Nagari Binaan) yang didanai oleh DIPA BUPTN 2019 pada hari Sabtu dan Minggu (2 dan 3 November 2019) yang lalu.

Adapun gambir dan durian merupakan komoditas lokal unggulan daerah Nagari Baruang-baruang Balantai Timur ini. Namun, harga gambir saat ini tidak menggembirakan. Untuk itu diperlukan inovasi teknologi untuk menghasilkan produk berbahan gambir seperti teh. Selain itu dengan berkembangnya industri pariwisata di daerah Pesisir Selatan juga membuka potensi produksi dan pemasaran produk oleh-oleh berbahan lokal seperti gambir dan durian. Untuk itu, pada hari pertama tanggal 2 Novemer 2019, materi pengolahan teh gambir diberikan oleh Bapak Prof Anwar Kasim yang juga penulis Proses Produksi dan Industri Hilir Gambir beserta tim terkait manfaat, cara pengolahan, pengemasan dan pemasaran.

Selain gambir, daerah Nagari Baruang-baruang Balantai Timur ini sangat terkenal sebagai penghasil king of fruit alias durian nan kamek sejak lama. Nilai tambah dan inovasi juga tak luput diberikan kepada buah favorit sejuta umat ini untuk diolah menjadi dodol durian. Hari kedua, 3 November 2019, dilaksanakan pemberian motivasi usaha, cara pengolahan dan pengemasan serta teknik pemasaran produk untuk dodol durian oleh dosen Jurusan TIP yaitu Bapak Dr. Gunarif Taib, yang juga pembina grup bisnis mahasiswa TIP Teenage Innovative Product serta Ibu Wenny Surya Murtius, yang juga tim pembinaan pengembangan produk usaha baru (start up) dari Science Techno Park LPPM Universitas Andalas.  

Pengabdian ini tentu saja bukan kerja sakali putuih, untuk itu Jurusan TIP dan Bumnag  Baruang-baruang Balantai Timur menuangkan kerjasama pembinaan ini dalam nota kesepahaman agar nantinya produk oleh-oleh dari gambir dan durian ini berdampak dan bernilai tambah bagi perekonomian masyarakat nagari tersebut.

​      

      

 

 

Read 115 times