Mahasiswa Fateta Raih Perak pada PIMNAS ke-32

03 September 2019

Tim Fateta yang terdiri dari Rahmadanis dengan anggota Nola Resgita dan Isa Istiqomah dengan dosen pembimbing Neswati STP, MSi berhasil mendapat medali setara perak untuk kategori Poster kelompok PKM-PE 3 pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke 32 yang dilaksanakan oleh Universitas Udayana Bali pada tanggal 27 - 31 Agustus 2019. PKM-PE dengan judul penelitian Penjernihan Minyak Biji Karet Menggunakan Berbagai Konsentrasi Bentonit telah melewati tahapan yang panjang sebelum di nyatakan mendapat medali setara perak. Tahapan tersebut adalah seleksi internal oleh universitas, seleksi oleh KemenristekDikti untuk proposal yang akan di danai, monitering internal kegiatan PKM, dan monitering eksternal oleh riviewer KemenristekDikti untuk menseleksi PKM yang lolos ke PIMNAS. Universitas Andalas mengirimkan 9 tim untùk PIMNAS ke 32 yaitu 5 tim dari FMIPA, 3 tim FAKULTAS TEKNIK dan 1 tim FATETA.  Pada PIMNAS kali ini Unand mendapat 2 medali setara Perak yang disumbangkan oleh tim FAKULTAS TEKNIK untuk kategori PKM-M dan FATETA. Juara umum PIMNAS ke 32 adalah UGM di ikuti berturut turut IPB, UNDIP dan ITB.
Kemenangan Tim FATETA mendapatkan medali setara Perak di sambut dengan suka cita. Dekan FATETA Dr. Ir. Feri Arlius MSc sebelum kemenangan ini, sudah membuat terobosan dengan membuat kebijakan yaitu bagi ketua kelompok PKM yang menang PIMNAS dapat langsung ujian sarjana. Pertimbangan bahwa tahapan seleksi oleh reviewer sudah menunjukkan bahwa penelitian tersebut memiliki kualifikasi yang baik. Hal ini untuk mendorong percepatan masa studi dan menggiatkan kegiatan kemahasiswaan fokus pada pencapaian akademik yang terukur dan kompetitif secara nasional.
Khusus untuk ketua tim FATETA yaitu Rahmadanis yang di panggil sehari hari dengan nama Ani sudah ujian sarjana dan wisuda sebelum mengikuti PIMNAS ke 32 dengan masa studi kurang dari 4 tahun dengan predikat 'Dengan Pujian'.
Selamat untuk Ani, Nola dan Isa, semoga ke depan FATETA UNAND tetap berhasil mengirim utusan ke PIMNAS dan mendapatkan banyak penghargaan tertinggi.

Read 379 times