Wisuda Periode III Tahun 2019 Fakultas Teknologi Pertanian Unand

23 Agustus 2019

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand pada Wisuda periode III tahun 2019 kembali mewisuda Sarjana Strata 1 dan Strata S2 Prodi Teknik Pertanian masing masingnya sebanyak  56 dan 3 wisudawan pada 24 Agustus 2019. Jumlah wisudawan dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) adalah 30 orang dan 26 orang dari Jurusan Teknik Pertanian (TEP).  Pada wisuda kali ini, prestasi dilakukan oleh 17 mahasiswa dari angkatan 2015, dimana berhasil menamatkan studi kurang dari 4 tahun dan 12 diantaranya lulus dengan predikat "Dengan Pujian",  yaitu 8 lulusan dari Jurusan THP dan 4 lulusan dari Jurusan TEP. Wisudawan dengan IPK tertinggi dari Jurusan TEP adalah Aulia Rahman Zulmi dengan IPK 3.89, masa studi 3 tahun 11 bulan, di bawah bimbingan Khandra Fahmi STP, MP, PhD dan Dr. Renny Eka Putri STP, MP. Sementara itu Annisa Kurniati adalah lulusan dengan IPK tertinggi dari jurusan THP yaitu 3.88 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan, dibawah bimbingan Diana Silvi STP, MSi dan Prof. D.r. Novelina, MSi.
Prestasi menamatkan studi tepat waktu ini sangat membanggakan karena beberapa wisudawan ini mendapat kesempatan langsung melanjutkan studi S2 di luar dan dalam negeri melalui kerjasama yang sudah dirintis sebelumnya. Aulia Rahman Zulmi saat ini dalam tahap proses administrasi untuk melanjutkan pendidikan S2 di King Mongkut University of Technology Thamburi, Thailand. Sementara itu Gilang Mario Samudra, mahasiswa THP angkatan 2015, lulus dengan predikat lulus yaitu "Dengan Pujian" sebetulnya berkesempatan melanjutkan studi S2 di Australia dengan tahapan selanjutnya adalah pemantapan Bahasa Inggris dengan mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di Jogjakarta selama 3 bulan.  Dan salah satu wisudawan ini yaitu Rahmadanis, angkatan 2015 jurusan THP, penelitiannya berhasil lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) KemenristekDikti ke - 32 di Universitas Udayana, Bali.
Dekan Fateta Dr. Ir. Feri Arlius, MSc menyebutkan bahwa keberhasilan meningkatkan jumlah wisudawan yang menamatkan studi  dalam waktu 4 tahun ini adalah kerja keras bersama antara dosen pembimbing, pengelola jurusan, dan kebijakan Fakultas yang mengevaluasi beberapa pelaksanaan akademik yang menghambat serta memberi penghargaan kepada pembimbing yang menamatkan bimbingan tepat 4 tahun. Lebih jauh disebutkan, mahasiswa untuk memperkaya pengalaman penelitian dapat melakukan riset mereka di beberapa Universitas luar Negeri yang telah memiliki kerjasama seperti Gifu University, Kobe University, ChiangMai University, Thamasat University, University Putra Malaysia.
Kedepan kegiatan kemahasiswaan di dorong untuk memperkuat atmospher akademik, seperti memperbanyak proposal yang didanai pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan lolos pada PIMNAS. Kebijakan untuk hal ini adalah ketua peneliti yang PKMnya lolos PIMNAS tidak perlu melaksanakan seminar hasil dan dengan modifikasi pada format penulisan dapat menggunakan penelitian PKM sebagai bahan ujian sarjana. Hal ini didasarkan kepada kegiatan PIMNAS sudah melewati seleksi reviewer Nasional. Semua ini upaya mempercepat mahasiswa menyelesaikan masa studi 4 tahun, dan softskill mahasiswa pun dapat terasah dengan baik yang menjadi bekal untuk bersaing nantinya.

Read 393 times