Riset Dosen Fateta Unand Prof Dr Novelina dalam Tahapan Mendapatkan Paten

20 Januari 2019

Kabar gembira dari Ibuk Prof. Dr. Ir Novelina, MS, dosen senior pada Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Unand bahwa keluaran penelitian beliau  telah melewati tahap formalitas untuk mendapatkan paten. Informasi tentang paten ini  berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No HKI.3-HI. 05.01.02.SID 201811196.


Judul paten Ibuk Prof Novelina adalah METODE PRODUKSI VINEGAR DARI TAPAI BERAS KETAN HITAM SECARA TRADISIONAL. Adapun tujuan paten  ini adalah untuk mendapatkan metode proses pembuatan Vinegar yang memiliki sifat fungsional untuk beberapa terapi kesehatan yang meliputi aktivitas antibakteri, pengurangan tekanan darah, aktivitas antioksidan, pengurangan efek diabetes, dan pencegahan penyakit kardiovaskular. Keberhasilan Ibuk Prof Novelina sangat di apresiasi oleh sejawat di Fateta Unand, terutama oleh dosen dosen muda, yaitu memotivasi mereka untuk berkarya.  Sebelumnya juga berkabar bahwa Dosen Fateta yaitu Deivy Andika Permata, S.Si, MSi., Dr.Ir Alfi Asben , M.SI dan Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si juga sedang dalam tahapan proses paten dengan judul Potensi Ekstrak Air Daun Kluwih sebagai Anti Hiper Glikemik.


Dekan Fateta Dr. Ir. Feri Arlius, MSc sangat mengapresiasi keberhasilan ini dan menyatakan bahwa kedepan penelitian dosen Fateta Unand dapat menghasilkan teknologi tepat guna - sederhana yang mampu memberikan nilai tambah dan nilai kreatif bagi masyarakat, dimana bahan baku berasal dari komoditi pertanian. 

Read 644 times