Angkatan : 2012
Program Studi  : Teknologi Hasil Pertanian
Status Mahasiswa : Alumni
Penghargaan : Poster Terbaik 2 Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Bintang Aktivis Fakultas Teknologi Pertanian
Wisuda pada : Periode II Tahun 2017 Tanggal 20 Mei 2017

 

Nofa Yasni Sambo dilahirkan di kubu 22 tahun silam tepatnya pada tanggal 21 November 1994,. Sambo begitu sapaan akrabnya. Ia merupakan anak dari pasangan Bapak Usman Sambo (Alm) dan Ibuk Nurlena.

Sambo menyelesaikan pendidikan wajib 9 tahun pada salah satu sekolah di Kecamatan Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, kemudian ia melanjutkan pendidikan menengah atas di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada pertengahan tahun 2012 tepatnya Agustus 2012 ia melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Andalas, dengan disiplin Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian.

Sewaktu menjadi mahasiswa ia ikut kedalam UKF DPM dengan peran sebagai anggota komisi II pada tahun 2014/2015, selain itu ia juga tergabung dengan ikatan mahasiwa THP atau yang disebut “Himalogista”. Ia mengemban amanah sebagai sekretaris divisi penelitian dan pengembangan pada tahun 2014/2015. Tidak hanya berperan aktif di organiasi ia juga mengambil peran sebagai asisten praktikum Pengemasan, Penyimpanan dan Penggudangan pada tahun 2013 dan 2014. Ia  juga merupakan penerima beasiswa BBM selama dua kali periode dan Beasiswa KSE selama dua kali periode.

Sambo tidak hanya aktif di organisasi, ia juga beberapa kali aktif megikuti pelatihan tingkat Nasional di luar Sumatera sebagai delagasi dari paguyuban KSE Unand, seperti PGN camp, The Ambassador BPJS ketenagakerjaan dan YES workshop. Adapun pelatihan yang ia ikuti mengenai leadership dan entrepreneurship. Tidak hanya itu ia juga berhasil meraih juara satu dalam lomba “Technology for Indonesia” dalam PGN Camp di Yogyakarta pada tahun 2016 silam.

Berkat keaktifannya di berbagai kegiatan baik tingkat Fakultas, Univeritas maupun Nasional, ia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktivis Kampus (BAK) tingkat fakultas pada wisuda periode II Mei 2017. Tidak hanya itu, pada kesempatan yang sama ia sekaligus juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai poster penelitian terbaik. ia melakukan penelitian tugas akhirnya mengenai kopi Arabika Minang Solok. Menurutnya apa yang dilakukan dengan baik tidak akan pernah memberikan hasil yang buruk, sunguh-sunguh dan kerja keras adalah kuncinya.