Angkatan : 2013
Program Studi  : Teknik Pertanian
Status Mahasiswa : Alumni
Penghargaan : Lulusan dengan masa studi kurang dari 4 Tahun dan Bintang Aktivis Fakultas Teknologi Pertanian
Wisuda pada : Periode II Tahun 2017 Tanggal 20 Mei 2017

 

Melvi Viyona merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknik Pertanian Universitas Andalas. Biasa dipangil dengan Melvi, adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Ia lahir pada tanggal 08 April 1993 dari pasangan Yondrialdi dan ibudanya Sumarni serta memiliki 4 orang saudara yang mana tiga saudara laki-laki dan satu perempuan. Ia menjalani masa sekolah dasarnya disekolah, SDN 10 Batang Pasampan, Pakan Rabaa Utara, KPGD, Solok Selatan. Sewaktu kecil dia merupakan murid yang pandai bergaul dengan teman-temannya dan kepada orang sekitarnya. Selain itu dia merupakan salah satu murid terpandai dikelasnya dan meraih juara II & III mulai dari kelas tiga SD sampai Lulus SD. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di SMPN10 Solok Selatan dan kembali meraih peringkat kelas II & III sampai lulus SMP. Selanjutnya melanjutkan jenjang pendidikan di SMAN 1 Solok Selatan. Semangat juang yang tinggi itu lah yang selalu tertanam dalam dirinya. Lulus tahun 2012 dari SMA dan tidak lulus perguruan tinggi negeri tidak menyurutkan niat anak ke tiga pasangan Yondrialdi dan Sumarni ini untuk tetap berjuang. Mencoba keberuntungan di tahun 2013membuahkan hasil sehingga berhasil lulus ujian tulis dan meneruskan pendidikan di Universitas Andalas.

Pada tahun 2013/2014 sebagai mahasiswa baru banyak kegiatan yang dilaksanakan pelatihan kepemimpinan dan pelatihan untuk aktif organisasi dilakukannya. Mulai dari kepanitiaan Baksos (Bakti Sosial). Pada 2014/2015 ia dipercaya untuk mengemban amanah sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di Bidang Kestari (Kesekretariatan). Selanjutnya ia diamanahkan di BEM KM FATETA sebagai Sekretaris Bendahara Bidang Kessma (Kesejahteraan Mahasiswa) pada periode 2015/2016, dalam kepengurusan BEM KM FATETA tak lantas membuatnya berhenti untuk memotivasi generasi muda tahun 2015 ia dipercaya sebagai Komisi Disiplin dalam acara HIMA TEP untuk mahasiswa baru Teknik Pertanian, selesai pengerusan tak lantas membuatnya berhenti dalam organisasi namun melanjutkan ke Laboratorium menjadi asisten labor, mulai dari 2015/Sekarang masih menjalankan tugas sebagai asisten di Laboratorium Produksi dan Manjemen Alat Mesin Pertanian, Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.

Keyakinan dan ketekunan yang dimilikinya memberikan arti tersendiri untuk membanggakan kedua orang tuanya. Selain itu, dengan berusaha mendapatkan hasil yang baik di setiap matakuliahnya untuk memperoleh senyum kebanggaan dari orang tuanya. Keberhasilan mendapatkan gelar sarjana dimulai dari kesibukan berbagai prakktikum, tugas serta kegiatan dikampus dengan tumpukan kertas, belajar dan memahami dan mengembangkan apa yang didapatkan dibangku perkuliahan. Sebelum ujian dengan berbagai kesibukan, kegiatan organisasi dan tugas yang menumpuk, Alhamdulillah ia mendapat rezeki yang tidak ia sangka yaitu studinya selesai dalam kurun waktu 3 tahun 9 bulan dengan IPK 3,32 dan predikat lulus sangat memuaskan serta dinobatkan sebagai salah satu lulusan kurang dari 4 tahun di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas. Dan seterusnya di nobatkan sebagai Bintang Aktivis Kampus, di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.