Angkatan : 2012
Program Studi  : Teknologi Hasil Pertanian
Status Mahasiswa : Alumni
Penghargaan : Bintang Aktivis Tingkat Universitas
Wisuda pada : Periode II Tahun 2017 Tanggal 20 Mei 2017

 

Rola Esvendiarmi dilahirkan Padang Ganting, 27 Januari 1994 . Rola yang biasa dipanggil En merupakan anak pertama dari pasangan Zulpendi dan Raminas dan memiliki satu orang saudara. 

Rola menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SDN 12 Koto Gadang Hilir kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Padang Ganting dan SMAN 1 Padang Ganting  Kabupaten Tanah Datar. 

Ia berasal dari keluarga yang biasa hidup sederhana. Program Beasiswa Bidikmisi membuka jalan dia untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Berkat usaha yang keras beserta doa akhirnya Rola menjadi Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Andalas Padang angkatan 2012. 

Di awal perkuliahan ia  bergabung dalam Pramuka. Menurutnya pramuka bukannlah dunia baru baginya karena ketika SD ia sudah mengenalnya tetapi dia benar-benar aktif berkegiatan pramuka setelah memasuki dunia SMP dan SMA. 

Kesungguhan ini dia buktikan dengan mendapat kepercayaan menjadi anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Tanah Datar pada tahun 2011 serta menjadi anggota Dewan Kerja Ranting(DKR) kecematan Padang ganting pada Tahun 2010 kemudian dipercaya sebagai ketua regu ketika mengikuti Jambore Ranting di Padang Ganting dan panitia Tour The Singkarak.

Didalam Pramuka ia diajarkan mengenal alam dan isinya. Hal ini yang membuatnya bertahan dan selalu jatuh cinta dengan Pramuka”.

Ia memulai kegiatannya di Pramuka Unand sebagai sekretaris pada acara musyawarah racana, kemudian sebagai bendahara dalam kegiatan Giat Ramadhan. 

Selanjutnya ia juga bergabung dengan Impeesa yaitu tim majalah Pramuka Unand dengan menjabat sebagai anggota reporter. Selain itu, dia juga menjadi sangga kerja di beberapa kegiatan Pramuka Unand seperti sangga kerja orientasi tamu racana ,sangga kerja musyawarah racana, sangga kerja kegiatan ramadhan, sangga kerja pramuka Unand, sangga kerja festival swarnadwipa tahunan (FIESTA), dan anggota PBB, dan ikut pengamanan pada acara wisuda, SNMBPTN dan juga MTQ Mahasiswa pada tahun 2013.

Rola menjadi pengurus Ikatan Mahasiswa Teknologi Pertanian (IMTPI) pada tahun 2013/2014. Selain itu ia juga pernah mengikuti munsyawarah wilayah 1 yang bertempat di Universitas Bengkulu (UNIB) dan menjadi asisten Laboratorium Instrumentasi dan Kontrol (LINK) Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Pada tahun 2015-2016. Ketika bergabung dengan IMTPI, LINK mengajarkannya mengenal lebih dalam dunia Teknologi Pertanian.  

Prestasinya dalam bidang akademik juga cukup cemerlang. Ia berhasil menjadi best presentation diacara Annual Regional Convention (ARC) tingkat international.

Selain itu, ia juga berhasil menjadi Student Mobility ke Nong Lam University di Vietnam pada tahun 2014 dan Student Exchange ke Universitas Tenologi Mara (UiTM) di Malaysia pada tahun 2016. 

Karena keaktifannya di berbagai kegiatan baik tingkat Fakultas, Universitas, dan  International, pada Wisuda II Universitas Andalas 2017 Ia mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktivis Kampus (BAK) di Universitas Andalas. Salam Pramuka.