Fakultas Teknologi Pertanian UNAND Sebagai Tuan Rumah The 7th ASEAN Universities Consortium on Food and Agro-Based Engineering and Technology (AUCFA) Tahun 2019

04 Agustus 2017

Padang (Fakultas Teknologi Pertanian Unand) – ASEAN Universities Consortium on Food and Agro-Based Engineering and Technology (AUCFA) merupakan sebuah konsorsium Universitas – Universitas di ASEAN yang memiliki Fakultas Teknologi Pertanian, maupun Fakultas sejenis (seperti Food Technology, Food Engineering, Agricultural Technology, maupun Agricultural Engineering). Konsorsium ini didirikan pada tahuin 2013, dimana Fateta Unand merupakan salah satu Founding Member. Hingga saat ini anggota AUCFA mencapai 36 Universitas yang berasal dari 6 Negara di ASEAN, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Kamboja dan Vietnam. Menjadi bagian dari AUCFA merupakan salah satu upaya Fateta Unand untuk bersaing pada tingkat ASEAN, sesuai dengan Visi dan Misi dari Fateta Unand.

Pada pertemuan The 5th ASEAN Universities Consortium on Food and Agro-Based Engineering and Technology (AUCFA), yang diadakan di UPM Malaysia pada Tanggal 24-27 Juli 2017, dicapai beberapa kesepakatan utama,  antara lain:

  1. Perlunya standarisasi kurikulum bagi Universitas Anggota AUCFA sebagai platform standard untuk memudahkan kegiatan student and staff mobility.
  2. Pelaksanaan The 7th ASEAN Universities Consortium on Food and Agro-Based Engineering and Technology (AUCFA) di Fakultas Teknologi Pertanian Unand pada tahun 2019 mendatang.

Pada pertemuan tersebut, Dekan Fateta Unand yang diwakili oleh Dr. Eng. Muhammad Makky menyampaikan perlunya fleksibilitas kurikulum antar anggota AUCFA karena setiap negara memiliki kebijakan dan agenda Pendidikan tersendiri, sehingga tidak mungkin dipaksakan generalisasi seluruh kurikulum. Perbedaan waktu perkuliahan di awal semester, serta durasi pengajaran di tiap semester merupakan kendala utama yang membatasi aktifitas student and staff mobility antar anggota AUCFA. Berdasarkan usulan dari Fateta Unand, maka pada pertemuan tersebut disepakati penjajakan pertukaran mahasiswa tingkat akhir untuk melaksanakan riset, serta short-term mobility for junior staff bagi dosen dan mahasiswa anggota AUCFA. Teknis pelaksanaan akan dibicarakan pada pertemuan selanjutnya di Filipina, tahun 2018.

Read 110 times