Dekan UGSAS Gifu University Resmikan Lab-Station Program Studi Teknik Pertanian FATETA

19 Juli 2017

Padang (Teknik Pertanian FATETA) - Laboratorium menjadi ruang bagi mahasiswa dan dosen dalam melakukan riset atau penelitian dan melakukan penemuan baru sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni yang selanjutnya digunakan sebagai wahana pengabdian masyarakat.

Berkaitan dengan itu Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas meresmikan lab-station in Postharvest Technology Andalas University-Gifu University secara resmi oleh Dekan United Graduate School of Agricultural Science (UGSAS) Gifu University Jepang Prof. Masateru Senge bersama ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Ing Uyung Gatot S Dinata, MT yang disaksikan oleh Dekan Fateta Prof. Santosa, MP pada Selasa (18/7) di Gedung Laboratorium Program Studi Teknik Pertanian Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dr. Ing Uyung Gatot mengatakan laboratorium merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah perguruan tinggi yang tak boleh diabaikan dan terabaikan.

Menurutnya dengan beraktivitas dilaboratorium baik itu dalam bentuk praktek maupun pembelajaran dapat meningkatkan wawasan mahasiswa secara nyata.

Disamping itu mahasiswa maupun peneliti dapat menambah bahkan memperluas pengetahuannya yang telah ia peroleh dalam ruang kelas dan diskusi dengan melakukan riset langsung di dalam laboratorium tersebut. 

Ditambahkannya keberadaan laboratorium dapat menunjang dan mendukung suatu pembelajaran bagi mahasiswa maupun dosen dalam menerapkan pengetahuannya sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya.

Mengingat peran penting laboratorium dalam penerapan tridharma perguruan tinggi maka sudah seharusnya kelengkapan peralatan dan prasarana penunjang lainnya dapat memberikan kemudahan dalam melakukan penelitian.

Diharapkan kehadiran laboratorium ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap bidang ilmu yang ditekuni sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru yang digunakan dan diterapkan ditengah kehidupan masyarakat.

Sementara itu Khandra Fahmi, Ph. D mengatakan laboratorium ini merupakan hasil dari kerjasama International Consortium Gifu University (ICGU) 12 Member dan Universitas Andalas merupakan salah satu anggota dari ICGU 12 member tersebut.

“Selain di Universitas Andalas Lab-Station juga ada dibangun di IPB, UNS , Kasarsat Bangkok dan yang terbaru di Unand,”sambungnya.

Setiap tahunnya lab ini akan terus dikembangkan dan dilengkapi peralatan-peralatannya sehingga memudahkan mahasiswa maupun peneliti dalam melakukan penelitiannya. 

“Ada sembilan alat yang ada dalam laboratorium ini diantaranya Incubator Spektro, pengukur warna, pengukur gula serta alat pendukung lainnya,”sebutnya.

Dikatakannya laboratorium ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa teknologi pertanian tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh fakultas lain.

Read 61 times