Program Studi Teknik Pertanian Fateta Univesitas Andalas menjadi Tuan Rumah 4th International Workshop 2017

18 Juli 2017

Padang – Program Studi Teknik Pertanian  Fateta Universitas Andalas menjadi tuan rumah dalam kegiatan International Workshop yang keempat yang berlangsung di Ruang Perpustakaan lantai 5 Kampus Unand Limau Manis Padang pada Senin (17/7). 

Ketua panitia Khandra Fahmi, Ph. D mengatakan ini merupakan agenda tahunan yang kali ini diadakan di Universitas Andalas.

Kegiatan ini bertemakan “Recent Postharvenst Technology For Sustainable Agriculture and Food” yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Endry Martius, MSc.

Workshop ini merupakan hasil kerjasama antara Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas dengan United Graduate Scholl of Agricultural Science (UGSAS) Gifu University Jepang.

Disebutkanya narasumber yang akan menyampaikan materi diantaranya dari UGSAS Gifu University seperti Prof. Kohei Nakano, Prof. Masaya Kato dan Assist Prof. Teppei Imaizumi, dari Universitas Andalas seperti Prof. Feri Arlius, Dr. Eng M. Makky dan Dr. Renny Eka Putri dan dari King Mongkut University of Technology Thonburi (KMUTT) Thailand seperti Assoc. Prof. Varit Srilaong, Assoc Prof. Pongphen Jitareerat dan Assoc Prof. Chairat Techavuthiporn serta juga ada dari perusahaan seperti Mitra Kerinci, Sinar Mas dan Syngenta Indonesia.

“Sebelumnya kegiatan ini diadakan di Universitas Negeri Sebelas Maret Solo (UNS), Institute Pertanian Bogor (IPB), Bangkok dan Universitas Andalas,”sambungnya.

Disamping itu kegiatan ini juga dihadiri oleh universitas lain seperti Universitas Lampung (UNILA), Universitas Dharma Andalas (UNIDHA), Politani Negeri Payakumbuh, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Dr. Ir. Santosa, MP mengucapkan selamat datang di Universitas Andalas kepada semua delegasi dari berbagai negara dan juga universitas lain di Indonesia.

Dikatakannya workshop ini merupakan peluang yang bagus dalam berbagi pengetahuan mengenai teknologi pascapanen untuk meningkatkan nilai dari suatu produk pertanian.

Lebih lanjut ia mengatakan pentingnya teknologi yang tepat dalam penanganan proses dan juga hasil-hasil pertanian agar dapat meningkatkan nilai tambah dari produk tersebut. 

“Dengan meningkatnya nilai tambah dari hasil-hasil pertanian ini akan berdampak pada pendapatan nasional khususnya petani,”tambahnya.  

Dengan adanya workshop ini ia berpesan untuk terus berbagi pengalaman serta pengetahuan melalui komunikasi yang baik antar sesama peneliti maupun dari perusahaan dalam melakukan berbagai kegiatan kedepannya ataupun dalam bentuk kolaborasi lainnya.

Sementara itu Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Endry Martius, MSc mengatakan Universitas Andalas mendukung penuh kegiatan ini sebagai media bagi peneliti untuk berbagi dan menyalurkan teknologi inovasi yang terbaru.

Ia berharap melalui kegiatan ini semua peneliti dan khususnya peneliti Universitas Andalas dapat meningkatkan jumlah publikasi internasionalnya disamping itu juga dapat menghasilkan kerjasama-kerjasama penelitian dibidang pertanian yang dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Read 78 times